Laman

Jumat, 23 Maret 2012

Pemeliharaan dan Pendidikan Anak-anak

Dalam buku "The Family of Islam', Sayyid Akhtar Radhawi mengutip sebuah hadits, bahwa Rasulullah saaw. bersabda kepada Ali as., "Wahai Ali, hak-hak anak yang diwajibkan atas orang tua adalah sebanyak hak orang tua yang diwajibkan kepada anak-anaknya"
Pendidikan dan pembinaan mental anak adalah hal yang sangat penting. Untuk itu semua, kasih sayang orang tua yang alami adalah jaminan yang cukup bagi terselenggaranya pemeliharaan dan kesejahteraan pendidikan anak-anak.
Allamah AI-Majlisi ra. dalam kitab "Tanbihul Bihar" menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan pemeliharaan dan pendidikan anak-anak.
1.      Tujuh tahun pertama, sebaiknya anak dibebaskan bermain. Tujuh tahun kedua, anak seharusnya diajari membaca dan menulis. Tujuh tahun ketiga, anak seharusnya diajari tentang hak dan batil. Rasulullah saw. bersabda, "Anak adalah majikan selama tujuh tahun (tahap pertama), hamba selama tujuh tahun berikutnya (tahap kedua), dan menjadi menteri selama tujuh tahun berikutnya (tahap ketiga). Bila ia pada usia 21 tahun menunjukkan sifat yang baik, maka ia adalah anak yang baik. Kalau tidak, tinggalkanlah ia, karena (bila kamu masih meliharanya pada usia 21 tahun) berarti kamu telah melemparkan tanggung jawabmu kepada Allah".
Imam Ja'far Ash-Shadiq as. berkata "Biarkan anak-anakmu bermain sampai mencapai usia tujuh tahun (tahapan pertama), dan biarkan ia bersamamu (untuk belajar dan sebagainya) selama tujuh tahun berikutnya (tahap kedua) bila ia berhasil (dengan baik), kalau tidak maka tidak ada kebaikan padanya."
2.      Pada usia enam tahun anak laki-laki tidak boleh tidur satu selimut dengan anak perempuan, usia tujuh tahun tidak oleh mencium wanita, dan usia sepuluh tahun tempat tidurnya harus dipisah dari tempat tidur anak perempuan.
3.      Mencapai usia enam tahun, anak-anak perempuan tidak boleh dicium orang yang bukan muhrim dan tidak boleh duduk di pangkuan orang bukan muhrim.
4.      Dalam usia dini ajarilah anak-anak tentang hadits dan tanamkan rasa cinta kepada Ahlil Bait Nabi saaw., serta ajarilah mereka membaca AI-Quran dengan baik.
Imam Ja'far Ash-Shadiq as. berkata, "Bergegaslah kamu dalam mengajarkan hadits kepada anak-anakmu sebelum mereka didekati kaum murjiah (kelompok yang sesat)."
5.      Didiklah dan ajaklah mereka dalam perdagangan.
6.      Ajarilah mereka berenang dan memanah.
7.      Jangan membebani anak-anak dengan dengan tugas-tugas yang sulit.
8.      Jika berjanji dengan mereka, tepatilah.
9.      Ciumlah anak-anak anda, karena Allah menjanjikan pahala.
10.  Bermainlah dengan mereka, seakan-akan anda masih anak-anak.
11.  Jangan melakukan diskriminasi di antara mereka, kecuali karena ilmu dan kebaikannya.
12.  Cucilah wajah dan tangan-tangan mereka sebelum tidur malam.
13.  Jika anda memberi hadiah untuk keluarga, utamakan anak-anak wanita dari pada anak-anak laki-laki.
14.  Gembirakan dan ceriakan anak-anak anda.

Memberikan Rangsangan Kemajuan Pada Anak


Dengan adanya kata-kata pertama, langkah-langkah pertama yang dapat dilakukan oleh anak, maka permainan belajar akan lebih menyenangkan. Beri kesempatan pada anak anda untuk menjelajahi dan belajar tenang dunia dan kemajuannya, dan bentuklah kemajuan fisik, sosial, intelektual dan emosionalnya dengan melakukan beberapa hal berikut :

·           Bahan-bahan untuk mengembangkan kreatifitas (Creative materials)
·           Mengambil dan meletakkan mainan (Putting and taking toys)
·           Memilih bentuk (Shape sorters)
·           Mainan untuk melatih ketrampilan tangan (Dexterity toys)
·           Mainan untuk di kamar mandi (Bath toys for water play)
·           Permainan mengikuti pemimpin (Follow the leader play)
·           Buku, majalah, dan segala sesuatu yang bergambar (Books, magazines, anything with pictures)
·           Bahan untuk bermain pura-pura (Materials for pretend play)
·           Tempat yang aman untuk belajar memanjat (Space safe for supervised climbing)
·           Lingkungan yang bervariasi (A varied environment)
·           Pujian (Applause) 

Bahan-bahan untuk mengembangkan kreatifitas
Mencoret-coret dengan crayon adalah kegiatan yang sangat memuaskan bagi banyak anak. Rekatkan kertas pada alas meja, lantai, atau alas lainnya agar kertas tidak menggeser ketika dicoreti, dan singkirkan crayon segera setelah crayon disalah-gunakan untuk mencoret bagian yang tidak boleh dicoret atau jika bayi memasukkan crayon ke dalam mulutnya, hal ini akan membantu mereka untuk menggunakannya dengan benar. Jangan biarkan mereka menggunakan pensil dan pena, kecuali di bawah pengawasan yang ketat, karena ujung yang tajam dapat membahayakan. Melukis dengan menggunakan jari dapat menyenangkan bagi beberapa anak, tetapi ada juga anak yang merasa tidak senang dengan tangan yang terkotori cat. Meskipun cuci tangan dapat menunjukkan pada anak bahwa kotor tersebut hanya bersifat sementara, beberapa anak tetap tidak mau menggunakan bahan tersebut. Mainan yang bermusik juga dapat menyenangkan. Bayi juga dapat belajar meningkatkan kemampuan musiknya, misalnya dengan memukulkan sendok kayu atau logam pada panci, jika anda memberi contoh terlebih dulu.  

Mengambil dan meletakkan mainan
Bayi umumnya senang sekali mengeluarkan dan memasukkan mainan. Meskipun ketrampilan mengeluarkan barang akan terjadi lebih dulu daripada memasukkannya. Anda dapat membeli mainan khusus yang dapat dikeluarkan dan dimasukkan, tetapi anda juga dapat menggunakan kotak bekas yang kosong, sendok kayu, cangkir plastik atau kertas, dan lap. Isi sebuah keranjang dengan berbagai benda kecil (tetapi tidak terlalu kecil sehingga dapat masuk ke mulut bayi dan membuat bayi tersedak). Bersiaplah bahwa pada mulanya anda sendiri yang harus sering memasukkan kembali benda-benda tersebut, sampai bayi sudah lebih mahir. Anda juga dapat menggunakan pasir dan air untuk latihan menuang - bayi biasanya menyukai kedua bahan ini, tetapi diperlukan pengawasan yang ketat.  

Memilih bentuk
Biasanya lama sebelum bayi dapat mengatakan lingkaran, segiempat atau segitiga, mereka sudah belajar mengenal bentuk-bentuk ini dan dapat meletakkan mereka ke tempat/lubang yang tepat pada mainan pemilihan bentuk. Mainan jenis ini juga melatih ketrampilan tangan, dan warna. Tetapi, perlu disadari bahwa bayi perlu banyak diajari dan diberi contoh sebelum ia dapat menguasai mainan pemilihan bentuk ini.  

Mainan untuk melatih ketrampilan tangan
Mainan yang perlu diputar, ditekan, ditarik, didorong, akan membantu anak untuk menggunakan tangannya dalam berbagai cara. Orangtua perlu menunjukkan terlebih dulu sebelum anak dapat menangani mainan ini, tetapi sekali anak sudah dapat menguasainya, maka mainan jenis ini dapat mengasyikkan anak selama berjam-jam.  

Mainan untuk di kamar mandi
Mainan ini mengajari banyak konsep dan membuat gembira dalam bermain air tanpa harus membasahi seluruh lantai atau meja-kursi. Bak mandi juga merupakan tempat yang baik untuk bermain gelembung, tetapi untuk sementara anda sendirilah yang harus membuatkan gelembung-gelembung ini.  

Permainan mengikuti pemimpin
Ayah mulai bertepuk tangan, ibu mengikuti. Dan bayi diajak untuk mengikuti. Ibu melipat tangan, ayah juga mengikuti. Tidak lama kemudian, bayi akan mengikuti si pemimpin tanpa harus dipaksa dan akhirnya justru akan sanggup untuk memimpin permainan.  

Buku, majalah, dan segala sesuatu yang bergambar
Anda tentu tidak dapat menghadirkan kuda, gajah dan singa hidup di ruang keluarga anda, tetapi anda dapat menghadirkan mereka semua melalui buku atau majalah. Baca dan lihatlah buku bersama bayi anda beberapa kali sehari. Setiap kali mungkin hanya sebentar saja, mungkin tidak lebih dari beberapa minit, karena kemampuan pemusatan perhatian anak anda masih singkat, tetapi hal ini akan membangun kegemarannya untuk membaca kelak.  

Bahan untuk bermain pura-pura
Mainan piring, peralatan dapur, makanan, rumah, truk dan mobil, topi, sepatu, bantalan kursi, hampir segala sesuatu dapat secara ajaib diubah dalam imajinasi anak menjadi dunia menurut khayalnya. Permainan seperti ini dapat mengembangkan kemampuan sosialnya, juga koordinasi otot motorik kecilnya (melepas dan mengenakan baju, mengocok telur atau memasak sop), kreatifitas dan imajinasinya.  

Tempat yang aman untuk belajar memanjat
Bayi biasanya sangat senang menaiki tangga loteng rumah (jika anda tidak dapat mengawasinya, maka mutlak diperlukan pagar pengaman), menaik tangga luncuran (tetaplah berada di belakangnya), menaiki kursi atau tempat tidur. Biarkan mereka melakukannya, tetapi berdirilah di dekatnya dan selalu siap untuk menyelamatkan jika diperlukan.  

Lingkungan yang bervariasi
Bayi yang tidak pernah melihat apapun kecuali suasana di dalam rumahnya, interior mobilnya atau toko yang sama, akan menjadi bayi yang sangat bosan. Ada dunia luas yang menakjubkan di luar pintu rumah, dan bayi anda harus melihatnya setiap hari. Bahkan pergi keluar pada saat hujan, dapat merupakan pengalaman belajar. Ajak bayi berkeliling taman bermain dan area yang sibuk di mana banyak orang untuk dilihat.  

Pujian
Pujilah bayi anda ketika ia berhasil menguasai suatu ketrampilan. Keberhasilan, selain memuaskan, seringkali juga akan lebih berarti jika disertai pengakuan dari orangtuanya.  

Sumber : Bayi pada Tahun Pertama. A. Eisenberg, H. Murkoff and S. Hathaway. 1997 Bahasa Indonesia Edition, pages 463-466. 

Hak-Hak Anak Menurut UNESCO Berdasarkan Pihak yang Wajib Melindungi


PROTECTION FROM THE STATE (13)
1.      Children have the right to protection from work that threatens their health, education or development
2.      Children have the right to protection in times of war
3.      Children have the right to protection from landmines
4.      Children have the right to a drug free world
5.      Children have the right to protection from guns
6.      Refugee children have the right to protection
7.      Every child has the right to a life free from discrimination
8.      Children in conflict with the law have the right to be treated with dignity
9.      Children have the right to adequate health services
10.  Every child has the right to a name and nationality
11.  Every child has the right to access education
12.  Children have the right to culturally sensitive education
13.  Protect children from labour which interferes with their education 

PROTECTION FROM THE FAMILY (12)
14.  Children have the right to attention from both parents
15.  Children have the right to a loving and caring family
16.  Every child has the right to a family
17.  Every child has the right to an identity
18.  Every child has the right to food and nutrition
19.  Children have the right to play
20.  Children have the right to appropriate information
21.  Children have the right to express themselves and express their opinions
22.  Children have the right to freedom of thought
23.  Children have the right to a home
24.  Children have the right to privacy
25.  Children have the right to special care and assistance 

PROTECTION FROM THE SOCIETY (19)
26.  Children have the right to protection from trafficking and abduction
27.  Children have the right to know and live their own culture
28.  Children have the right to enjoy their own culture
29.  Children have the right to protection from neglect
30.  Children have the right to protection from sexual abuse.
31.  Children have the right to survive and develop to the fullest
32.  Children have the right to meet and share views with others
33.  Children have the right to a healthy environment
34.  Children have the right to protection from hazardous work
35.  Every child has the right to freedom of conscience
36.  Every child has the right not to be exploited
37.  Children have the right to knowledge on the natural environment
38.  Children have the right to develop to their full potential
39.  Children have the right to protection from abuse
40.  Exercising the right to protection, breaks the cycle of abuse
41.  All children have the right to participate
42.  Children have the right to survive
43.  Rights should be applied in the best interests of the child
44.  All rights to a childhood need protection  

HAK-HAK ANAK MENURUT UNESCO BERDASARKAN JENIS-JENIS HAK

RIGHT TO THE HUMAN LIFE (10)
1.      Children have the right to survive.
2.      Children have the right to survive and develop to the fullest
3.      Children have the right to develop to their full potential
4.      Every child has the right to food and nutrition
5.      Children have the right to play
6.      Children have the right to privacy
7.      Children have the right to special care and assistance
8.      Children have the right to meet and share views with others
9.      All rights to a childhood need protection
10.  Rights should be applied in the best interests of the child 

RIGHT TO THE FAMILY LIFE (4)
11.  Children have the right to attention from both parents
12.  Children have the right to a loving and caring family
13.  Every child has the right to a family
14.  Children have the right to a home

RIGHT TO SOCIAL, POLITICAL AND ECONOMICAL DIMENSION (30)
15.  Children have the right to protection from work that threatens their health, education or development
16.  Children have the right to protection in times of war
17.  Every child has the right to a life free from discrimination
18.  Children have the right to protection from landmines
19.  Children have the right to a drug free world
20.  Children have the right to protection from guns
21.  Refugee children have the right to protection
22.  Children in conflict with the law have the right to be treated with dignity
23.  Children have the right to adequate health services
24.  Every child has the right to a name and nationality
25.  Every child has the right to access education
26.  Children have the right to culturally sensitive education
27.  Protect children from labour which interferes with their education
28.  Every child has the right to an identity
29.  Children have the right to express themselves and express their opinions
30.  Children have the right to freedom of thought
31.  Children have the right to protection from trafficking and abduction
32.  Children have the right to appropriate information
33.  Children have the right to know and live their own culture
34.  Children have the right to enjoy their own culture
35.  Children have the right to protection from neglect
36.  Children have the right to protection from sexual abuse.
37.  Children have the right to a healthy environment
38.  Children have the right to protection from hazardous work
39.  Every child has the right to freedom of conscience
40.  Every child has the right not to be exploited
41.  Children have the right to knowledge on the natural environment
42.  Children have the right to protection from abuse
43.  Exercising the right to protection, breaks the cycle of abuse
44.  All children have the right to participate 

PRIORITAS PERLINDUNGAN HAK-HAK ANAK DALAM KONTEKS EKSPLOITASI ANAK 

PRIMARY RIGHT (9)
1.      Children have the right to survive.
2.      Children have the right to protection from work that threatens their health, education or development
3.      Every child has the right to food and nutrition
4.      Children have the right to special care and assistance
5.      Children have the right to protection from trafficking and abduction
6.      Children have the right to protection from neglect
7.      Children have the right to protection from sexual abuse.
8.      Every child has the right not to be exploited
9.      Children have the right to protection from abuse 

SUBSIDIARY RIGHT (13)
10.  Children have the right to play
11.  Children have the right to privacy
12.  Children have the right to attention from both parents
13.  Children have the right to a loving and caring family
14.  Every child has the right to a family
15.  Children have the right to a home
16.  Every child has the right to a life free from discrimination
17.  Children have the right to adequate health services
18.  Every child has the right to access education
19.  Children have the right to culturally sensitive education
20.  Protect children from labour which interferes with their education
21.  Children have the right to express themselves and express their opinions
22.  Children have the right to freedom of thought

MORE SUBSIDIARY RIGHT (22)
23.  Children have the right to survive and develop to the fullest
24.  Children have the right to develop to their full potential
25.  Children have the right to protection in times of war
26.  Children have the right to protection from landmines
27.  Children have the right to a drug free world
28.  Children have the right to protection from guns
29.  Refugee children have the right to protection
30.  Children in conflict with the law have the right to be treated with dignity
31.  Every child has the right to a name and nationality
32.  Every child has the right to an identity
33.  Children have the right to appropriate information
34.  Children have the right to know and live their own culture
35.  Children have the right to enjoy their own culture
36.  Children have the right to a healthy environment
37.  Children have the right to protection from hazardous work
38.  Every child has the right to freedom of conscience
39.  Children have the right to knowledge on the natural environment
40.  Exercising the right to protection, breaks the cycle of abuse
41.  All children have the right to participate
42.  Children have the right to meet and share views with others
43.  All rights to a childhood need protection
44.  Rights should be applied in the best interests of the child