Jumat, 06 April 2012

Transformasi Seekor Elang


Elang merupakan jenis unggas yg berumur paling lama, dapat mencapai 70 tahun. Tapi untuk mencapai umur itu, seekor Elang harus membuat keputusan besar pada umurnya yg ke-40. Saat berumur 40 tahun ini, cakarnya mulai menua, paruh menjadi panjang dan membengkok hingga hampir menyentuh dada. Sayapnya menjadi sangat berat karena bulunya telah tumbuh lebat dan tebal, sehingga menyulitkan saat terbang.

Saat itu, ia hanya memiliki 2 pilihan: menunggu kematian, atau menjalani proses transformasi yg menyakitkan selama 150 hari. Saat melakukan transformasi itu, ia harus berusaha keras terbang ke puncak gunung untuk membuat sarang di tepi jurang. Ia tinggal disana selama proses transformasi berlangsung.

Pertama, ia harus mematukkan paruhnya pada batu karang sampai paruhnya terlepas dari mulutnya, dan kemudian menunggu tumbuhnya paruh baru. Dengan paruh yg baru itu, ia mencabuti satu per satu cakar-cakarnya, dan ketika cakar baru sudah tumbuh, ia akan mencabuti bulu badannya satu demi satu. Sebuah proses panjang yg teramat menyakitkan …

5 bulan kemudian, bulu-bulu yang baru tumbuh sempurna. Ia mulai dapat terbang kembali. Dengan paruh dan cakar baru, ia mulai menjalani 30 tahun kehidupannya barunya dengan penuh energi !!

Tidak ada komentar: