Senin, 01 November 2010

Testimoni


Apa itu Testimoni? Menurut Wikipedia, testimoni adalah pernyataan yang berbasis pada pengalaman personal dan pengetahuan individual (a testimony is known as statements that are based on personal experience or personal knowledge).

Meski berbasis pada subyektivitas, namun sebuah testimoni mencerminkan suatu kondisi yang cukup obyektif, dan oleh karenanya dapat diterima secara rasional apabila beberapa prakondisi yang dipersyaratkan adalah benar. Beberapa prakondisi itu antara lain: 1) pernyataan tersebut tidak terlalu berlebihan; 2) orang yang dirujuk oleh pernyataan tersebut tidak memiliki cacat kredibilitas; dan 3) pernyataan tersebut tidak diluar pengalaman dan kompetensi orang yang dirujuk oleh pernyataan tersebut. Dengan kata lain, jika pernyataan tersebut melampaui ketiga syarat tersebut, kemungkinan akan menjurus kepada pernyataan yang mengada-ada atau bahkan “menjilat”.

Berikut ini adalah beberapa testimoni mitra kerja, sahabat, dan tokoh-tokoh yang selama ini menjalin komunikasi dan hubungan kerja dengan saya, dan disampaikan langsung melalui sms, berkaitan dengan berakhirnya tugas saya di PKP2A III LAN Samarinda. Dengan memaparkan testimoni ini, saya berharap akan memberikan energi dan motivasi bagi saya untuk menjalani tugas-tugas baru di tempat baru. Semoga!


1.      Ass. Terima kasih mas Tri Widodo atas promosinya. Anda telah bekerja dan mengabdi di Kaltim dengan baik. Terima kasih atas segala partisipasinya selama ini membantu Pemda Kaltim. Selamat menjalankan ibadah puasa. Wass.
(Awang Faroek Ishak, Gubernur Kaltim)

2.      Selamat atas amanah dan promosinya, semoga pak Tri selalu dirahmati dan  dibimbing Allah SWT dalam melaksanakan tugas baru. Pak Tri selama ini banyak memberi sumbangsih, warna, gagasan pemikiran teman-teman di Kaltim. Semoga ini semua telah dicatat Malaikat Raqib, dan sekeluarga akan mendapatkan rahmat dan nur Ilahi. Selamat!
(Wipratono Soebagio, Kepala Bappeda Kota Tarakan)

3.      Alhamdulillah bapak mendapat promosi yang lebih baik karena di pusat. Menjelang pensiun dulu saya sempat mendiskusikan bapak dengan Gub untuk menjadi salah satu Karo di Pemprov. Sebelum pergi sebaiknya pamit beliau. Mohon maaf dan terima kasih banyak atas segala kerjasama selama ini. Kita tetap bina hubungan.
(Ibnu Nirwani, mantan Asisten IV bidang Administrasi Pemprov Kaltim)

4.      Alhamdulillah, antara bahagia kawan mendapat jabatan baru dan sedih karena berpisah. Selamat jalan pak Tri, kami terima kasih banyak dibantu. Selamat bertugas, mudahan silaturahmi kita tidak pernah terputus.
(HM. Aswin, mantan Sekda Kab. Kutai Kartanegara, mantan Asisten IV bidang Administrasi Pemprov Kaltim)

5.      Selamat bertugas pak Tri di tempat yang baru, semoga sukses. Maaf tidak sempat bertemu. Terima kasih atas sumbangsihnya terhadap Kaltim selama ini.
(Abdussamad, Asisten I bidang Pemerintahan Pemprov Kaltim)

6.      Bagi kami dari Program S1-PIN, ini adalah kehilangan besar, tapi tentu saja kami mengucapkan selamat atas tugas baru pak Wid, terima kasih atas semua ilmu dan bimbingan pada anak-anak kami selama ini.
(Muh. Noor, Ketua Program S1-PIN Universitas Mulawarman).

7.      Dengan berat hati kami mengucapkan selamat menjalankan tugas baru, semoga sukses selalu. Kami berharap bapak dalam kesempatan lain yang lebih baik buat bapak tentunya dapat bergabung lagi dengan kami lagi. Jujur kami sangat merasa kehilangan dengan kepergian bapak, tapi semoga tetap terjalin tali silaturahmi.
(Hudali Mukti, pengacara dan pengelola program Extension Fak. Hukum Uwigama)

8.      Ternyata isu menjadi kenyataan. Dengan berat melepaskan kepergian saudara saya, tapi demi masa depan dan tugas negara saya dan civitas akademika Fak. Hukum mengucapkan selamat jalan, semoga sukses di tempat yang baru. Hanya yang perlu bapak ingat, sekali minum air Mahakam InsyaAllah akan kembali. Amin.
(Saripudin, Wakil Dekan I Fak Hukum Uwigama)

9.      Saya pikir, Kaltim sebagai provinsi masih butuh asupan gagasan dari pak Tri. Saya merasa sangat kehilangan kawan diskusi yang cerdas. Selamat bertugas di Jakarta pak, selamat jalan.... semoga pak Tri sekeluarga selalu dalam keadaan baik.
(Carolus Tuah, Koordinator Pokja 30)

10. Sejujurnya saya merasa berat melepas njenengan karena dengan pindahnya Mas Tri kita akan sulit silaturahmi face to face... Tapi disisi lain saya ikut bangga dengan promosi Mas Tri dan sekaligus menaruh harapan agar Mas Tri bisa mendorong perubahan dari sumbunya sekaligus bisa menjadi agen informasi untuk kebijakan2 terkini di bidang administrasi negara.
Walaupun mungkin susah untuk tatap muka, saya berharap silaturahmi kita tetap senantiasa terjalin erat di masa mendatang melalui media alam maya...Doa kami untuk kesuksesan Mas Tri dan juga kebahagiaan Mas Tri sekeluarga. Doa yang utama adalah kami mendoakan agar Mas Tri senantiasa amanah dan istiqomah di jalan kebenaran serta istiqomah dalam memperjuangkan Indonesia yang lebih baik dan sejahtera sesuai bidang kerja njenengan ...
(Edy Marbyanto, GTZ Advisor wilayah Kaltim).

11. Alhamdulillah, kami kehilangan tapi bangga baisi dengsanak yang mampu menunjukkan kelasnya. Selamat berprestasi, doa dengsanakmu selalu ke hadirat Allah SWT. Sukses!
(Dr. Hasyim Miraje, Biro Pemerintahan)
Ket: baisi dengsanak = punya saudara.

12. Selamat bertugas di tempat yang baru, semoga sukses selalu. Hati kecilku teriak: “Waduuuh aku kehilangan satu partner kerja dong, mestinya kan dilantik jadi Kepala Biro-ku, sedih dech … “. Met jalan kawan, titik air mataku menyertai.
(Sugiyanti, Biro Organisasi Kaltim).

13. Selamat ya pak atas tugas barunya, tapi kami sedih juga gak bisa kontak langsung dengan pak Tri yang super smart-nya. Memang ilmu yang bermanfaat akan menjadikan salah satu penolong muslim yang muttaqin selain amal jariah dan anak yang shaleh. Saya pribadi salut akan kepandaian dan sikap rendah hati bapak. Semoga bapak sukses selalu.
(Erna, Bagian Organisasi Kota Bontang)

14. Saya ucapkan selamat atas karirnya yang semakin baik, tapi sedih juga mau pisah dengan pak Tri (saya sampai kaget baca sms bapak).
(Susanti, Bagian Organisasi Kab. PPU)

15. Wow, semoga dengan amanah yang baru akan terus membawa kemajuan untuk republik tercinta ini. Kami merasa kehilangan sahabat secara fisik, namun mas Tri W tetap semayam di hati ini.
(Khairid Daha, Sekretaris Dinas Pendidikan Prov. Kaltim).

16. Selamat berkarya pak. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan, kesehatan dan selalu membimbing pian. Kalau Allah berkenan, pian kembali ke Kaltim pimpin LAN Samarinda. Amin. Iring doa sukses.
(Marisi, penyiar RRI Samarinda)

17. Bravo pak Tri. Kami berbahagia atas promosi Bapak, nanti balik ke Samarinda lagi tugas ya pak ... soalnya ada pameo sekali minum air Mahakam pasti kembali lagi. InsyaAllah jadi Kepala LAN Kaltim.
(Dr. Encik Akhmad Syaifudin, Dosen Faperta Unmul).

18. Alhamdulillah dan mudahan berkah ibadah senantiasa menyirami mas Tri dan keluarga, serta kota kami tetap menjadi rajutan hati antar sungai Mahakam dan sungai Cilincing, antara pasar Segiri dan pasar Tanah Abang. Amin … semoga sukses!
(Edy Subaidi, Kepala Kantor Penghubung Kaltim di Jakarta)

19. Selamat pak Tri atas tugas yang diamanahkan kepada bapak. Kami akan merasa sangat kehilangan bapak, dan kami sangat berterimakasih atas bantuan bapak memajukan lembaga kami. Kami juga memohon kesediaan bapak untuk kami bisa konsultasi apabila ada hal-hal yang perlu dipertanyakan, atau kesediaan bapak apabila diperlukan untuk langsung datang ke daerah. Selamat jalan pak Tri.
(Eryadi, Balitbangda Kutai Kartanegara).

20. Terus terang saya se keluarga merasa kehilangan pak Tri, terima kasih atas bimbingannya selama ini.
(Thukul, Badan Diklat dan Litbang Kota Samarinda).

21. Alhamdulillah … padahal sudah mulai lihai bebahasa Banjar pak lah, heheee … selamat bertugas pak, pastinya kami merasa kehilangan dan sedikit kelimpungan. Halah … #tepokjidad#
Terima kasih untuk semua ilmu & hikmah baik yang berhasil saya dapat, semoga bpk & keluarga selalu dalam limpahan rahmat dan ridho-Nya.
(Febri Noorsy, Balitbangda Kaltim).

22. PERTAMA: saya ucapkan selamat dan sukses atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada pak Tri
KEDUA: entar ... kalau sudah tiba waktunya jangan lupain Kaltim ya ...  karena Kaltim sebagai tolak ukur provinsi yang kaya akan sumber daya alam ... di dalam pelaksanaanya tentunya sangat perlu aparat pemerintahan / birokrasi yang berkualitas, jujur & berakhlak ... nah itu dia tugas pak Tri next time ... mantap pak!
(Bambang Subroto, alumni Uwigama).

23. Walau kecewa, kami semua mengucapkan selamat jalan pak, selamat bertugas di tempat yang baru, semoga kembali lagi membangun Kaltim. Amin.
(Dian Melati, alumni Uwigama).

24. Selamat atas jabatan barunya, semoga semakin sukses, diberi kemudahan dalam segala pekerjaan. Saya juga mengucapkan terima kasih atas bimbingan selama kuliah, atas ilmu yang bapak berikan, dari tidak tahu menjadi mengerti, banyak hal yang tidak saya ketahui menjadi tahu. Itu semua berkat bapak yang selalu sabar memberikan ilmu pengetahuan kepada kami selama perkuliahan. Sekali lagi terima kasih bapak atas bimbingannya.
(Anastasia Mira, mahasiswa)

25. Selamat pak Tri, mudah-mudahan suatu saat pak Tri jadi Menteri, setidaknya MENPAN.
(Wahyuni Safitri, dosen Uwigama)

26. Kami mengucapkan selamat menjalankan tugas yang berat dan semoga sukses di tempat tugas yang baru. Kalo jadi Menteri Negara BUMN jangan lupa lho, hehehe …
(Ahmad Saebani, teman SMA sesama perantauan di Kalimantan)

27. Semoga persaudaraan tetap terjalin, saya doakan semoga pak Tri karirnya semakin cemerlang, dan menjadi pejabat yang baik. Amin.
(Tono, sopir taxi Samarinda-Balikpapan pp)

28. Ndherek mangayubagya panjenengan nembe kewala kawisuda nampi jejibahan agung ingkang kedah rinasuk kanthi suka, lila, legawa, saha enget dhumateng kodrating Kang Kawasa. Mugi rahayu raharja ingkang pinanggih, karis nir ing sambikala, jinangka kang sinedya. Amin.
(Kuat, pensiunan LAN).

29. Barakallah ... semoga amanah yang baru menghadirkan kebaikan kepada diri, keluarga dan bangsa serta semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Atas nama pribadi dan keluarga besar LAZ DPU Kaltim mengucapkan terima kasih atas segala kepercayaan dan kerjasamanya selama ini. Semoga pertemuan selama ini karena Allah, berpisah karena dan saling mencintai karena Allah. Itulah iman yang sempurna. Semoga pula Allah SWT tetap mengokohkan ukhuwah yang terjadil karena Allah. Selamat menjalani amanah baru, semoga selalu sukses dunia dan akherat.
(Ustadz Sumadi, pimpinan LAZ DPU Kaltim).

30. Jujur ... di hati kami semua merasa sgt kehilangan sosok pemimpin seperti Pak Tri di PKP2A III LAN Samarinda ini, terkhusus bagi kami yang pernah berada dalam bimbingan bapak. Cuma rasa terima kasih, terima kasih, terima kasih dan terima kasih yang bisa kami haturkan pada bapak, atas segala bimbingan, arahan dan pengetahuan yang telah banyak bapak berikan kepada kami selama ini. Semoga apa yang telah bapak berikan pada kami selalu bisa bermanfaat untuk diri kami pribadi dan organisasi tentunya... Amien ya Rabb.
(Lany Erinda, PKP2A III).

31. Selamat jalan pak Tri, selamat mengemban tugas baru. Mengenal pak Tri dan keluarga merupakan anugerah terbesar bagi saya. Kedepan saya masih sangat membutuhkan bimbingan bapak. Moga Allah selalu memberkahi bapak dan keluarga.
(Mustari Kurniawati, PKP2A III).

Tidak ada komentar: